Pages

Monday, September 19, 2016

Bisnis Waralaba Alternatif Mencipta Peluang dan Uang

Bisnis waralaba adalah suatu bentuk bisnis bermitra kepada pemilik merek dagang. Waralaba bentuk merek dagang bagi pengusaha baru atau newbie yang tidak mempunyai skill sebagai pebisnis tapi mempunyai modal cukup untuk memulai wirausaha. Konsep kerjasama bisnis waralaba ini saling menguntungkan dengan melihat prospek dari merek dagang tersebut. Masih ada peluang tetapi harus cermat melihat going-concern atau kelangsungan hidup perusahaan dimasa yang akan datang masih tetap terjamin.


Bisnis Waralaba Franchise, photo by http://bisnisfranchise.net/


Bisnis waralaba ini bagi pengusaha relatif sensitif terhadap jumlah modal yang akan mereka belanjakan. Membeli waralaba atau franchise telah mereka teliti dan telah mempunyai kemampuan yang akan mereka dihadapi dimasa yang akan datang. Jumlah besaran modal untuk setiap pengusaha berdasarkan kepada kemampuan mereka untuk melakukan kerjasama dengan potensi yang akan mereka terima. Tentu bisnis waralaba ini berkelanjutan dengan adanya keuntungan yang diterima oleh pembeli waralaba, dengan hitungan pembelian dimulai dari IDR 3.000.000 sampai dengan IDR 1M. Setiap kerjasama mempunyai syarat tertentu yang harus dipatuhi dengan konsistensi yang berlaku antara dua orang pihak yang bekerjasama.

Dalam oretan tulisan ini saya mencoba memberikan beberapa penjelasan kepada para pengusaha baru yang ingin mendapatkan peluang dalam bisnis waralaba. Setiap bisnis adanya konsekwensi dimana pekerja menjadi tanggung jawab dari pembeli waralaba sedangkan set-up bisnis akan dilakukan oleh penjual waralaba. Tentu setiap kerjasama mempunyai kebijakan tersendiri demi berjalannya bisnis menjadi profesional dan berkesinambungan.

Adanya beberapa peluang yang dapat anda pelajari untuk mendapatkan peluang bisnis waralaba ini menjadi ladang rupiah anda dimasa yang akan datang.

1. Bisnis Waralaba Jasa Kebersihan dan Loundry.

Peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Tidak semua orang mempunyai waktu yang cukup banyak untuk mencuci. Jika mereka menggunakan tukang cuci dirumah harus stand by dan membuang waktu percuma, jadi banyak konsumen pekerja kantoran menggunakan jasa kebersihan dan loundry untuk membantu aktifitas bersih-bersih mereka.

Lokasi terbaik untuk memulai bisnis waralaba jasa loundry dan jasa kebersihan ini di perumahan atau apartemen, kampus, atau kontrakan. Konsumen yang banyak memang berasal dari lokasi ini karena berbagai alasan, diantaranya lebih baik mereka mencucikan pakaian mereka kepada perusahaan loundry daripada menggunakan tenaga pencuci yang datang kerumah. Dengan biaya yang mereka keluarkan cukup terjangkau dan unsur kepercayaan ini menjadi alasan utama mereka menggunakan jasa ini.

Sebagai pengusaha anda harus meneliti waralaba mana yang sangat kredibel, punya track-record yang baik, serta mempunyai reputasi dibidang bisnis. Dari hasil penelitian inilah akan berpengaruh terhadap pembelanjaan modal yang akan anda keluarkan untuk membeli bisnis waralaba atau franchise. Lakukan komparasi beberapa merek untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Bisnis Waralaba Minuman dan Makanan.

Makanan dan minuman adalah sepasang kegiatan yang tidak dapat terpisahkan. Setelah makan pasti akan minum untuk menyelaraskan sistem pencernaan. Kebutuhan inilah menjadi peluang untuk menciptakan bisnis dari bisnis waralaba atau franchise. Dengan meningkatnya kebutuhan restoran sebagai tempat kumpul dan sosialita menjadikan peluang bagi anda untuk menekuni bisnis ini menjadi ladang rupiah. Untuk memilih restauran dengan nama baik dengan menu yang menjadi favorit konsumen tentu tidaklah mudah, harus banyak referensi untuk mendukung pilihan yang tepat serta pengalamannya sudah lama dibidang restauran. 

Begitu banyaknya merek dagang dalam bisnis waralaba atau franchise yang mempunyai harga yang kompetitif. Perlu diingat, harga selalu menjadi sudut pandang pertama bagi calon pengusaha. Memang harga akan mempengaruhi tetapi tidak selalu seperti itu. Yang menjadi fokus anda adalah perputaran uang anda akan baik dimasa yang akan datang dengan mempunyai keunikan antara makanan dan minuman dari waralaba tadi yang telah anda pilih. Inilah komponen penting yang cermat untuk mengambil keputusan strategis seperti ini.  

3. Bisnis Waralaba di Bidang Kecantikan dan Kesehatan.

Kesehatan sudah mulai dinikmati oleh semua gender. Laki dan perempuan sangat membutuhkan perawatan kesehatan dan kecantikan sebagai gaya hidup sehat di perkotaan. Peluang ini sudah mulai tumbuh dengan andanya bisnis waralaba atau franchise dengan menawarkan paket yang sangat menarik. Mereka juga memasukan unsur pemikat lain seperti sauna, spa, fitnes, kulit, gunting rambut atau barber shop, reflexy, dan sebagainya. 

Keintegrasian kesemua bisnis waralaba ini bisa anda siasati dengan memilih salah satu unsur pemikat tadi. Jika anda mengambil semua tentu belanja modal yang anda keluarkan cukup lumayan besar. Pilih satu kategori yang sesuai dengan keinginan dan kemauan anda untuk mengelola bisnis ini seperti spa, kecantikan kulit, atau barber shop yang akan menjadi hobi baru dalam menjalankan bisnis waralaba kesehatan dan kecantikan. 

4. Bisnis Waralaba Mini Market.

Kebutuhan rumah tangga menjadi target selanjutnya. Bisnis waralaba mini market ini sudah mulai lazim dan akan menjadi bisnis sampingan bagi anda yang mempunyai modal yang cukup besar. Setiap rumah tangga akan selalu membeli kebutuhan utama yang akan dibeli di mini market. Karena dengan kenyamanan, harga yang kompetitif, dekat dari perumahan menjadi alternatif bagi anda untuk mempertimbangkan bisnis ini masuk dalam kategori pilihan.

Lokasi yang sangat strategis akan menjadi alasan utama menempatkan mini market sebagai basis pemasaran. Misalnya di persimpangan jalan masuk perumahan, atau di jalan raya utama transportasi publik ke perumahan penduduk. Mudah terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat, akses yang cukup mudah, serta merek dagang yang sudah terpercaya dengan management pengelolaan yang baik. Perhatikan poin penting kerjasama dengan merek dagang mini market yang akan menjadi target bisnis baru anda.

5. Bisnis Waralaba Pelatihan dan Jasa Pendidikan.

Cukup banyak pilihan perusahan uang menawarkan bisnis waralaba kepada pengusaha baru. Mereka membawa jasa pelatihan dan pendidikan sebagai bisnis utama. Memang bisnis seperti ini membutuhkan modal yang sangat besar dan berhubungan dengan minat bakat anda untuk mengelolanya. Apabila anda seorang guru, dosen, ataupun praktisi bisnis dalam bidang pendidikan cocok sekali membidik bisnis waralaba ini kedalam bisnis baru anda. Adanya hubungan korelasi anda minat bakat tadi akan memperkuat basis pertahanan bisnis menjadi tepat sasaran.

6. Bisnis Waralaba Travel Agent

Dengan modal yang minim bisnis waralaba travel agent sudah mulai menjamur. Bisnis ini bersifat kemitraan dengan menggunakan software khusus untuk masuk kedalam travel agent secara keseluruhan. Diversifikasi produk yang ditawarkan juga banyak seperti tiket pesawat, tiket keretapi, tiket kapal, dan sebagainya. Apabila anda tidak mempunyai belanja modal relatif sedikit, bisnis ini dapat anda lirik sebagai penelitian untuk menjadi lahan bisnis baru. 

Beberapa pilihan jenis bisnis waralaba diatas dapat membuka cakrawala anda untuk menentukan pilihan. Sikronisasikan dengan bakat, minat, kemampuan anda untuk mengelola bisnis ini dikemudian hari. Anda akan menghitung berapa belanja modal dan kapan modal ini akan impas. Hitungan bisnis ini harus anda cermati dengan peluang pasar yang akan timbul serta mempunyai merek dagang yang sangat diminati oleh konsumen.


Tips untuk menentukan pilihan bisnis waralaba menjadi tepat dan akurat.

1. Waralaba sesuai dengan karakter anda.

Karakter dengan waralaba mempunyai hubungan. Pilihlah bisnis waralaba sesuai dengan karakter anda. Misalnya anda mempunyai karakter suka kesehatan maka pilihan yang tepat adalah bidang kesehatan atau kecantikan. Apabila anda salah memilih akan menjadi masalah baru dalam kenyamanan anda dalam menjalankan bisnis waralaba ini dimasa yang akan datang.

2. Lokasi waralaba.

Menentukan lokasi bisnis waralaba juga perlu dicermati. Lokasi ini akan menentukan perputaran uang anda dengan itensitas yang baik. Tentu anda ingin selalu mendapatkan perputaran yang cepat supaya belanja modal anda dapat lunas dalam jangka waktu tertentu. Selalu meneliti dan cermat menentukan lokasi berdirinya bisnis baru anda ini.

3. Konsumen.

Pilihan utama bisnis waralaba mempunyai konsumen yang relatif banyak dan masuk keseluruhan gender, lapisan masyarakat, serta umur. Ini penting untuk meminimalisir kerugian yang cukup besar apabila bisnis ini ada masa surutnya. Sebagai contoh waralaba mini market atau makanan dan minuman sebagai pilihan yang cermat karena masuk semua kategori yang saya maksud.

4. Produk dengan harga terjangkau.

Setelah konsumen tentu faktor harga produk yang sangat terjangkau oleh konsumen anda. Hubungan garis lurus ini akan menentukan keselamatan bisnis anda jika kondisi ekonomi masyarakat dalam keadaan sulit. Pilihlan bisnis waralaba yang anda jalankan ini masuk kedalam kebutuhan utama masyarakat. Strategi inilah yang akan menopang kelangsungan hidup bisnis tetap berjalan sebagaimana mestinya.

5. Pelayanan yang baik.

Anda menjual jasa kepada konsumen harus memberikan pelayanan yang prima. Pelayanan membuat pelanggan anda merasa nyaman menggunakan jasa bisnis waralaba anda dan akan memberikan nilai lain terhadap pemasaran. Disamping mempunyai harga yang kompetitif pemasaran secara tidak langsung ini memberikan potensi berkembangnya peluang bisnis menjadi lebih baik. Pelanggan adalah ujung tombak bergeraknya suatu bisnis. Apabila pelanggan anda tidak suka dengan jasa yang anda berikan tentu akan berakibat pada perputaran uang yang akan anda peroleh. Selalu perhatikan pelayanan yang cukup baik untuk mempertahankan konsumen yang telah anda rintis.



No comments:

Post a Comment