Pages

Wednesday, October 5, 2016

Bagaimana Cara Mempertahankan Bisnis

Meraih bisnis sangat mudah, bagaimana mempertahankan bisnis sangatlah sulit untuk diterapkan. Sebuah kalimat yang selalu harus diperhatikan seorang pebisnis untuk menjalankan bisnis menjadi baik dalam posisi dan berkelanjutan. Bisnis sangat mempunyai sejarah mulai dari proses sampai pada posisi sekarang. Semakin tinggi suatu kedudukan bisnis dan dikenal oleh konsumen, maka pebisnis harus butuh attitude usaha mempertahankan dan harus memenangkan kompetisi. 

Dengan derasnya perubahan ekonomi dan permintaan pasar harus diperlukan beberapa strategi untuk mendapatkan konsumen baru dengan mempertahankan konsumen lama. Zaman sekarang banyak sekali aplikasi di gadget yang sangat memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi, tentu akan menjadi alternatif penting untuk diikuti. Anda bisa terkoneksi langsung dengan konsumen yang butuh bantuan dengan produk atau jasa yang anda sediakan. Tetapi ada juga rekan bisnis yang tidak lama merintis usaha langsung gulung tikar. Bisnis membutuhkan proses yang panjang dan tidak hadir dalam satu hari satu malam. Butuh strategi yang jitu untuk mempertahankan yang harus anda terapkan jika ingin menjadi pebisnis sejati.

Bagaimana Cara Mempertahankan Bisnis. Poto oleh: http://klikcara.com/


Harus mempunyai mimipi yang sangat besar. 

   
Pengusaha mempunyai mimpi yang sangat besar. Dari mimpi anda bisa berjalan dan meniti karir bisnis menjadi lebih maju. Bisnis akan terus berjalan dan setiap detik harus mempunyai progress strategis untuk perkembangan. Maka, seorang pebisnis atau pengusaha selalu memikirkan bagaimana roda perputaran bisnis yang telah dirintis ini menjadi lebih cepat bergerak, mengisi peluang pasar yang belum terpikirkan oleh kompetitor. Apabila seorang pemilik bisnis tidak melakukan langkah konkrit yang jelas terhadap bisnis yang telah dimiliki tentu akan menjadi stagnan dan lama kelaman akan turun akhirnya gulung tikar. 

Selalu belajar dari pihak manapun.


Bisnis adalah proses dari passion dari owner. Ide yang didapat tentu dari pengalaman dari pebisnis lain yang sangat mempengaruhi karakter anda. Anda bisa belajar dari semua pengalaman dari seorang pebisnis lain bagaimana mereka mempertahankan bisnis tersebut menjadi posisi yang sangat baik. Semua pelajaran ini dapat menjadi sebuah motivasi dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memetik hasil yang luar biasa dimasa yang akan datang. Bisnis butuh proses tidak berhasil dalam waktu singkat. Dengan mengetahui nasehat dari praktisi bisnis seperti ini akan jauh lebih baik daripada anda sendiri yang mencari pengalaman bisnis tersebut.   

Perencanaan matang dalam setiap langkah.


Secara teori berencanalah sebelum mengambil keputusan. Memang benar adanya. Bisnis berjalan membutuhkan perencanaan yang matang dan pertimbangan yang cukup baik serta perkembangan yang berkelanjutan. Owner tidak dapat memprediksikan bagaimana bisnis ini berjalan tetapi bagaimana cara untuk memenangkan kompetisi. Naik turunnya bisnis sudah sering dihadapi oleh pebisnis, mempertahankan pertumbuhan dengan memperbaiki strategi harus selalu dilakukan. Apabila perencanaan yang tidak matang akan menjadikan pertumbuhan bisnis akan menjadi buruk melambat dan akan berhenti. Ibaratnya, perencanaan adalah sebagai penyegar untuk menghadapi dan mempertahankan apapun kondisi yang akan dihadapi dalam bisnis butuh pengambilan keputusan yang tepat.

Efisiensi pengelolaan keuangan.


Bisnis membutuhkan pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien. Seorang owner harus proaktif kreatif mengelola keuangan serta digunakan tepat sasaran. Penggunaan uang cash hanya digunakan untuk kegiatan demi kemajuan bisnis dan menciptakan pendapatan yang jauh lebih besar dari sekarang. Kadang kala harus meneliti pengeluaran uang yang berguna untuk mempertahankan kelangsungan hidup dari bisnis. Cara umum yang dilakukan oleh seorang owner adalah untuk promosi, entertaiment client, dan lain sebagainya. Carilah prioritas yang sangat memungkinkan untuk dapat menghemat pengeluaran dan tidak akan mengganggu kinerja bisnis dalam jangka pendek. Untuk jangka panjang pilihlah figur yang cocok menempatkan bisnis diatas segalanya.

Cari cara lain untuk diversifikasi bisnis. 


Ketika bisnis sudah berjalan dengan baik dengan mengikuti proses alaminya, seorang owner harus melakukan inovasi dengan membuat diversifikasi produk atau jasa yang akan dibentuk. Pebisnis tidak akan puas untuk mengasah semua kemampuannya untuk mempertahankan bisnis lama dengan membuat peluang pasar baru yang akana menambah pundi rupiah didalam rekeningnya. Bisnis perlu kematangan emosi dan tantangan untuk memenangkan kompetisi. Jika sudah mendapat celah yang dapat anda isi secara otomotis anda bisa mengurangi resiko kerugian yang besar untuk satu bisnis yang sudah ditekuni. Diversifikasi penting untuk memberikan keamanan lain dari investasi yang telah anda bangun.

Bisnis tidak kenal waktu dan tempat.


Jika anda sudah memutuskan untuk berbisnis, fokus perhatian anda bisa dikatakan 24 jam non stop. Seorang owner harus membawa kegiatan bisnis kedalam gaya hidup dan hobi. Artinya, itensitas perhatian penuh disemua tempat untuk memamtau perkembangan bisnis yang telah berjalan selama ini. Perhatian penuh ini berguna untuk menentukan dan mengambil keputusan strategis untuk inovasi serta revolusi dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Konsumen adalah raja.


Pepatah ini benar adanya. Konsumenlah yang akan mempengaruhi performance bisnis yang anda jalani. Konsumen akan selalu mereview semua produk dan jasa yang anda sediakan. Dengan adanya konsumen berarti anda akan memberikan sesuatu yang terbaik secara tidak langsung mereka akan memberikan rekomendasi keseluruh kerabat dan linkungan sosial mereka. Patut diperhatikan, berkomunikasi dengan konsumen akan menjadikan bisnis anda tetap kokoh. Dengan adanya masukan ataupun complain dari mereka anda akan mengetahui keputusan strtegis apa yang akan diambil untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Relativitas volume omset.


Jika anda menyangka bisnis omset kecil tidak mempengaruhi kinerja seorang owner. Berapapun volume omset yang dihasilkan merupakan performance yang telah anda ciptakan. Bisnis besar atau kecil yang membedakannya pada keuntungan yang akan anda raih. Apabila totalitas anda kepada konsumen semaksimal mungkin terhadap kepuasan mereka menggunakan produk atau jasa maka waktulah yang akan menjelaskan bahwa anda akan menjadi pengusaha sukses.

Buatlah networking sebanyak mungkin.


Bisnis kecil dan menengah perlu dipertahankan untuk tetap bekerja menghasilkan keuntungan. Cara meningkatkan kinerja bisnis perlu dibuat networking baru dalam bentuk modern dan konvensional. Owner dapat melakukan cara ini untuk dapat bekerjasama dengan pihak lain, misalnya berpartsipasi dalam promosi dan pameran ataupun road-show bisnis dari UKM pemerintah. Mengikuti proses networking seperti ini secara otomatis akan terbentuk networking yang baru. Secara langsung akan tercipta calon konsumen baru yang akan mulai mengenal produk dan jasa yang owner miliki.

Selalu berbagi ke sesama.


Kadang seorang owner lupa untuk berbagi ke sesama, hal yang sangat salah. Berbagi sesama dalam kesusahan. Ibaratnya seperti ini, jika anda membutuhkan bantuan orang dan orang tersebut membantu pasti perasaan anda sangat senang sekali. Begitu juga dengan yang lainnya. Hal ini selalu diperhatikan karena bisnis ini akan tumbuh dengan adanya pertolongan dari doa dari pihak yang anda bantu. Dan, Allah SWT lah yang akan menyelaraskan KuasaNya terhadap bisnis yang anda jalani.

Cara mempertahankan bisnis tetap berjalan dengan baik harus ada pihak-pihak lain yang mendukung bisnis yang telah anda tekuni. Anda tidak bisa berdiri sendiri dan harus mempunyai ketergantungan. Tidak ada bisnis berjalan sendiri dan sukses sendiri. Ada sumber daya lain yang turut berpartisipasi dan pertolongan Allah SWT juga sangat berperan. Jadi selalu melihat apa yang seharusnya dilakukan oleh pengusaha sukses di dunia dan apa saja yang mereka lakukan, itulah rahasia yang harus anda ketahui.

No comments:

Post a Comment