Pages

Wednesday, October 5, 2016

Teknik Mudah Pertahankan Posisi Bisnis

Bisnis harus mempunyai pondasi yang kokoh, dimulai dari A sampai dengan Z. Pertahankan posisi bisnis harus ada teknik agar bisnis berjalan sebagaimana yang diharapkan. Banyak pebisnis ingin mendapat keuntungan cepat tetapi tidak mengetahui cara yang tepat untuk posisi bisnis yang dia hadapi untuk memenangkan kompetisi dengan kompetitor.

Berbicara pengalaman dari pebisnis sangatlah menarik, apalagi bisnis yang dilakukan oleh anak muda mempunyai teknik khusus untuk mempertahankan posisi bisnis tetap stabil dan berjalan dengan baik. Cara ini dapat dikatakan sebagai trik tips jitu bisnis yang telah dirintis tetap eksis dan stabil untuk memenangkan kompetisi yang sudah sangat ketat.

Teknik Mudah Pertahankan Posisi Bisnis. Poto oleh: http://bukarahasiausaha.blogspot.com/


Bisnis anda adalah solusi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.


Konsumen ingin dibantu, bisnis yang anda jalankan akan menjadi jawabannya. Membuat solusi untuk konsumen salah satu cara untuk mempertahankan posisi bisnis tetap ditempatnya. Konsumen setia anda akan selalu menanti barang atau jasa yang anda sediakan dan tentu akan tetap menjadi pelanggan setia. Dari proses ini anda bisa membangun pondasi yang kuat untuk siap direkomendasikan oleh konsumen setia anda tadi.

Selalu lihat kemauan pasar.


Semakin maju teknologi konsumen sangat dimudahkan untuk mendapatkan segala informasi. Selera seperti ini harus bisa anda baca jika anda seorang petarung sejati untuk memenangkan kompetisi. Jangan membuat posisi nyaman yang telah anda raih sudah merasa yakin akan posisi yang sudah didapat. Pebisnis raksasa sudah terlihat menjadi follower sebelumnya menjadi penguasa pasar. Sebagai contoh perusahaan pencari YAHOO di tahun 1990 an sebagai perusahaan utama. Berjalannya waktu sekitar tahun 1995 an muncul kompetitor GOOGLE, awalnya YAHOO tidak mempermasalahkan dan merasa nyaman posisinya sebagai perusahaan pencari pertama didunia. Dengan kepuasan yang berlebihan maka GOOGLE menyalip dengan banyaknya diversifikasi produk jasa yang ditawarkan. Akhirnya pada tahun 2016, YAHOO dibeli oleh Verizon dan jauh tertinggal dibelakang GOOGLE. Inilah salah satu contoh yang harus anda ingat, jangan remehkan kemauan pasar. Apabila anda lengah, kompetitor anda akan mengambil posisi yang telah anda rintis sebelumnya.

Selalu waspada gerakan tiba-tiba pesaing.


Mempertahankan posisi bisnis ini harus waspada gerakan pesaing yang tiba-tiba dengan revolusinya. Setiap pebisnis ingin memenangkan kompetisi dan melakukan strategi baru yang belum terpikirkan oleh kompetitior lain. Dengan cara ini perusahaan akan selalu berkembang dan mengisi celah pasar yang akan dibentuk. Jangan menganggap hal ini sebagai cara untuk memusuhi kompetitor penjegal bisnis anda, tetapi penyemangat untuk terus berkembang.
    

Selalu fokus pada bisnis yang anda rintis.


Fokus terhadap bisnis anda menjadi aura positif untuk mempertahankan bisnis lebih baik. Ibaratnya begini, anda punya tanaman yang perlu dirawat, disiram, dan diperhatikan. Jadi fokus terhadap perkembangan bisnis, mau bisnis seperti apa, dan harus mencari jalan keluar untuk meningkatkan omset. Jangan pernah lengah akan kebutuhan bisnis yang perlu revolusi atau gebrakan demi majunya pertumbuhan.

Selalu hubungkan dengan networking.


Semakin banyak relasi akan mendatangkan peluang baru. Networking yang positif untuk perkembangan bisnis dapat memperkuat posisi bisnis yang akan diperbaiki posisinya. Memepertahankan cara ini bisa memberikan angin segar hubungan erat dengan pertahankan bisnis akan terlihat setelah terjadi dalam jangka pendek. Efek jangka panjang akan terjadi setelah hubungan networking menjadi kolaborasi bisnis baru.




No comments:

Post a Comment